Solidaritas terhadap rakyat korban gempa di Sumatera Barat dan Jambi

Jumat, 02 Oktober 2009

Statement - Pernyataan Sikap Solidaritas Perhimpunan Rakyat Pekerja

Salam rakyat pekerja,
Bencana demi bencana kembali menghampiri Indonesia. Setelah gempa besar yang melanda Tasikmalaya tanggal 2 September sebulan lalu, pada 30 September dan 1 Oktober 2009 bencana gempa kembali melanda bumi Nusantara dengan kekuatan 7,6 Skala Richter (SR) di Sumatera Barat dan 7 SR di Jambi. Pusat gempa Sumatera Barat berada di sekitar 57 km Barat Daya Pariaman dan gempa Jambi di sekitar 46 km Tenggara Kota Sungai Penuh, Kabupaten Kerinci, Jambi.

Guncangan dahsyat kedua gempa tersebut terasakan di Medan, Bengkulu, Pekanbaru, Palembang, Kepulauan Riau, Aceh, bahkan hingga Malaysia dan Singapura. Bencana gempa Sumatera Barat telah meluluhlantakan ribuan rumah, gedung, dan fasilitas infrastruktur di kota Padang, Pariaman, Solok dan 6 kota/kabupaten lainnya, sedangkan gempa Jambi menghancurkan 16 desa di Kecamatan Gunung Raya. Gempa di Sumatera ini mengakibatkan ratusan korban jiwa meninggal dan ribuan luka-luka.

Bencana alam yang melanda sebagian daerah Indonesia ini jelas menjadi sebuah fenomena alam yang harus segera diantisipasi oleh pemerintah. Dampak dari gempa bumi tersebut bukan hanya memunculkan korban jiwa dan harta benda saja, namun juga akan menyebabkan hilangnya lapangan pekerjaan, akses pendidikan, dan yang lainnya. Tentunya diperlukan bantuan solidaritas yang setinggi-tingginya dari seluruh rakyat pekerja Indonesia untuk membantu saudara-saudara kita yang menjadi korban bencana alam tersebut.

Selain pemberian bantuan untuk memenuhi kebutuhan korban gempa, tentunya diperlukan upaya antisipasi dan pemberian peringatan dari pemerintah agar korban jiwa dapat diminimalisir. Hal ini tentunya dibutuhkan kesigapan dan kecepatan pemerintah untuk mengantisipasi terjadinya bencana di Indonesia, mengingat potensi bencana alam di Indonesia sangat tinggi.

Pemerintah seharusnya sudah dapat memberikan peringatan kepada seluruh rakyat jika diketahui akan terjadi suatu bencana alam di suatu daerah. Sudah sangat banyak pengalaman di Indonesia yang telah memakan ratusan korban jiwa akibat bencana alam. Bahkan pemerintah telah melengkapi daerah-daerah rawan bencana dengan early warning system. Seharusnya dengan penggunaan yang benar dari alat-alat tersebut, korban jiwa dapat diminimalisir jika terjadi bencana alam.

Untuk itu, kami dari Perhimpunan Rakyat Pekerja menyatakan sikap:

  1. Turut berduka cita dan bersolidaritas kepada seluruh rakyat yang telah menjadi korban gempa di Sumatera Barat dan Jambi.
  2. Menyerukan kepada seluruh rakyat Indonesia agar bersama-sama melakukan solidaritas dan memberikan bantuan yang dibutuhkan kepada rakyat Sumatera Barat dan Jambi, baik berupa makanan, sandang, maupun dana bagi korban gempa
  3. Menuntut pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk sigap dan cepat dalam mengantisipasi serta memberikan peringatan akan terjadinya bencana kepada rakyat, sehingga akan meminimalisir angka korban jiwa. 
Jakarta, 2 Oktober 2009
Komite Pusat Perhimpunan Rakyat Pekerja
(KP - PRP)

Anwar Ma'ruf
Ketua Nasional

Rendro Prayogo
Sekretaris Jenderal

Komite Pusat Perhimpunan Rakyat Pekerja
Jalan Kramat Sawah IV No. 26 RT 04/RW O7 Pasabean Jakarta Pusat
E-mail : komite.pusat@prp-indonesia.org, prppusat@gmail.com, prppusat@yahoo.com
Website : www.prp-indonesia.org

4 komentar:

JALOE mengatakan...

wah setuju bangeut mas.. seharusnya kalau dah terdeteksi harus ada warning..

turut beduka juga atas korban gempa yg menelan banyak jiwa ini.. harapan kita bantuan harus cepat tanggap

Herdiansyah Hamzah mengatakan...

@Jaloee : bener kang, lamban banget tuh Pemerintah. Mudah2an kelambanannya ngk dilanjutkan. Ada yg cepat, tapi sekedar slogan di mulut!he...3x.

Elsa mengatakan...

idem juga!!!
turut berduka...
berdoa buat nereka korban gempa, semora diberi kekuatan luar biasa untuk bangkit kembali menata hidup.

catatan tukang mengatakan...

turut berduka sedalam2nya........

Posting Komentar

Terima kasih telah menyempatkan waktu untuk berkunjung di BLOG saya yang katro ini. Biasakanlah berkomentar setelah Anda membaca artikel. But No Spam, No Porn....OK Bro!!!